Rabu, 09 Juni 2010

Ekologi Industri : Pengertian, Konsep, Aplikasi dan Ukuran Keberhasilan Penerapan

Talking about something different yuk...biar nambah pinter, at least nambah wacana dan wawasan..sekalian buat nambah aware kita ke keadaan lingkungan saat ini...jiah... but yeah..this is important. We live inside the environment, right? that's why we also have a responsibility for keeping it right and save to be live in.

Sharing knowledge pertama ini..adalah tentang Ekologi Industri.

Mmm..mungkin belum banyak ya yang kenalan sama Ekologi Industri..tapi kebanyakan pasti udah pernah dengan dengan yang namanya Ekosistem..atau sederhananya..rantai kehidupan..rantai makan-memakan... Yup, ekosistem adalah hubungan interaksi antara manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungannya. Yang perlu digarisbawahi disini adalah sebuah rantai...a SYSTEM!!! Dan, Ekologi Industri mempunyai pengertian yang sama, tapi dengan scope yang lebih kecil..yaitu scope industri..cuma, ketika dijalankan..ekologi industri ini akan punya manfaat yang besar banget, yaitu untuk ekosistem alam keseluruhan.

Secara gampangnya gini, manusia punya kebutuhan, industri menyediakan kebutuhan itu, industri butuh bahan baku, alam menyediakan bahan baku, industri menghasilkan limbah dan polusi, limbah dan polusi berdampak ke alam dan manusia, manusia sakit, alam (tanah, air, udara, mikroba) rusak, bahan baku akhirnya berkurang atau tidak bisa disediakan sama sekali,akhirnya kebutuhan manusia tidak terpenuhi...begitu lingkaran-nya. Cukup bisa dimengerti kan? Jadi, dengan konsep ekologi industri ini, pengennya bahan baku tetep ada, industri tetep jalan, kebutuhan manusia tetap tercukupi, tapi kondisi lingkungan juga tetap terjaga... Siiip kan konsepnya?? Cuma, aplikasinya yang agak ribet..tapi gak sulit..cuma butuh beberapa modifikasi dari industri-industri yang ada di Indonesia ini. Caranya : industri-industri digabungin, dengan catatan, limbah industri yang satu bisa jadi bahan baku industri yang lain.. Geetho!!!

Untuk lengkapnya, baca artikel berikut ya...

Ekologi Industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar