Sabtu, 22 Agustus 2009

Belajar Photoshop-part1

Siapa sih yang gak tahu photoshop?
Setiap orang yang udah melek computer pasti tahu apa sih photoshop itu.
Yach, secara awam mungkin banyak yang belum tahu istilah photoshop, tapi secara gak sadar..mereka sebenernya udah tahu. Tentunya dengan istilah mereka sendiri..

Contoh nyata nie..waktu acara pernikahan tetanggaku, dimana mempelai pria, duh..ya ampyun..jerawatnya banyak banget..gede2, merah2..hiii..sampe gak mampu ditutup pake alas bedak! Kalo lihat hasil fotonya di computer..apalagi yang close up..hmm..gak tega deh pokoknya kalo hasil jepretan itu langsung dicetak gitu aja. Apalagi kalo mau dicetak supergede..waduh..gak deh..bisa jadi sasaran semut buat bikin sarang tuh wajah..hihihi..(tenang..orangnya gak bakalan baca koq..!!)

Akhirnya, yach..dengan sedikit bersabar..dan pastinya usaha…tara!! Pengantin pria itu tampak seperti pangeran keraton yang gagah, tampan dan rupawan (hihi..lebay sih!). Sebenernya emang cakep orangnya, Cuma ya..jerawatnya itu..! Waktu ngambil hasil cetak fotonya, dia sendiri sampai pangling dan tertegun. Entah dia terkesima ataukah berkhayal apakah dia benar-benar seganteng itu..ga tahu ya.. yang jelas habis itu dia senyum2..tanda kepuasan. Halah..memangnya aku ini alat pemuas apa? Hehehe..

Lalu dia cuma bilang, “wuih..fotonya diedit ya mbak? Bagus banget ik.!!”. Kemudian pulang dengan raut muka gak sabar pengin nunjukin foto itu ke keluarganya..(mmm, mungkin..hehe)

Padahal nih ya..itu hasil karyaku yang notabene baru belajar photoshop 2 minggu, autodidak. Hmm, jadi lebih semangat nie buat belajar. Belajar bareng-bareng yuks..??? yuks..!!!

Ya..begitulah..tanpa banyak bertanya, tanpa tahu ada sebuah program yang namanya photoshop, mereka, orang awam, tahu bahwa sebuah foto bisa dimanipulasi atau kata umumnya, di-EDIT!!.Dan yang mereka tahu..yang melakukan itu adalah KOMPUTER..

Well..pemahaman yang salah..karena yang melakukan itu semua adalah sebuah software photo editing yang bernama PHOTOSHOP..

Dan..apakah photoshop itu SULIT??

-----ow..sama sekali TIDAK!!-----

Untuk belajar photoshop..yang dibutuhin Cuma..:
1. Komputer / laptop.., yang gak punya bisa minjem/nebeng punya temen..atau pergi ke rental computer yang udah install program ini.
2. Tutorial belajar, bisa berupa temen, buku, atau pake insting dari hasil coba-coba sendiri. Tentunya, kalo coba-coba sendiri..harus bisa lah..bahasa inggris dikit-dikit..soalnya helpnya dibikin dalam bahsa inggris.
3. Kamus, kalo belum lancer bahasa inggrisnya. Hihi..
4. Keinginan untuk belajar. Nah ini sebenernya yang paling penting dalam mempelajari apapun..termasuk photoshop!.
5. Sabar dan pake rasa. Proses editing foto..apalagi kalo udah photo yang kompleks (bukan sekedar pas foto doang..), terkadang harus bekerja dengan detail-detail yang kecil, jadi emang harus sabar dan pake rasa..biar foto hasil editing yang dihasilkan bisa bagus..

Berhubung aku gak bisa bantu beliin laptop ato bayarin sewa rental computer..gak bisa pinjemin kamus..hehe.., aku bantu sharing tutorial untuk belajar photoshop aja ya..mulai dari pengenalan photoshop, mempersiapkan computer, mengenal bagian-bagian photoshop, pengerjaan photo editing, sampai rahasia photoshop..bakalan aku sharing sama temen2 semua..

Tutorial ini aku rangkum dari buku PHOTOSHOP, Step by Step karangan Mohammad Jeprie, terbitan Elex Media Komputindo. Dari buku ini aku bener2 belajar from the very beginning..dari aku yang awalnya sama sekali buta tentang photoshop sampai bisa edit foto pernikahan tetanggaku..bahkan sekarang lagi seneng nyobain bikin desain buat pin dan kaos.

Di buku ini emang bener2 dijelasin dari mulai dasar2nya photoshop..pokoke..sip banget buat pemula.. TOP BGT!! Apalagi tiap2 penjelasan dilengkapi dengan gambar2nya sendiri..jadi emang sangat mudah dimengerti.

Tapi…
Kalo pengin liat gambar2nya..hehe..beli bukunya ya…ya..ya..ya..biar dapat DCD tutorialnya juga.. mantep toh????

OK..Mari Belajar Photoshop!!

(hotcapp, dawn of Friday, August07.09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar